12 Kebudayaan Jepang yang Harus Kamu Ketahui

Perlu kamu ketahui bahwa Jepangadalah salah satu negara dengan budaya terkaya di dunia. Jepang sendiri kini memiliki berbagai macam keindahan dan keunikan yang bisa dinikmati dengan maksimal sekarang ini.

Nah, didalam pembahasan kali ini tentu akan diberikan penjelasan lengkap mengenai beragam kebudayaan yang ada di negara Jepang.

Untuk itu maka simaklah penjelasan lengkap dibawah ini mengenai berbagai macam kebudayaan yang ada di Jepang yang bisa kamu jadikan pengetahuan.

12 Kebudayaan Jepang yang Perlu Kamu Ketahui:

1. Kimono

Salah satu bentuk kebudayaan Jepang yang cukup terkenal adalah pakaian tradisional dari negara tersebut. Yup, apa lagi kalau bukan kimono (着物).

Secara bahasa kimono berarti “barang yang dikenakan” atau “pakaian.” Kimono sendiri merupakan pakaian tradisional Jepang yang berbentuk huruf T yang berbentuk baju terusan yang dibuat longgar.

Kimono memiliki ciri khas tersendiri dan menggambarkan orang yang memakainya.

2. Yukata

Yukata (浴衣) adalah pakaian sejenis kimono, hanya saja terbuat dari katun tipis. Yukata sendiri umunya dipakai setelah berendam air panas di sore atau malam hari.

Selain itu Yukata juga sering dipakai orang saat menghadiri festival musim panas baik oleh pria maupun wanita.

3. Geisha

Jika berbicara mengenai kebudayaan Jepang maka tentunya geisha menjadi sebuah hal yang perlu kamu ketahui.

Geisha (芸者) merupakan sebuah seniman penghibur tradisional yang ada di Jepang. Dahulunya geisha sendiri muncul pada abad ke 18 hingga ke 19 yang masih terkenal hingga saat ini tentunya.

Dalam geisha sendiri ada sebutan lain yang digunakan yaitu geiko dan juga maiko.

Nah, geisha sendiri pada dasarnya hanya di lakukan oleh wanita saja dan pria tidak melakukannya.

4. Upacara Minum Teh  

Siapa yang tidak tahu kebudayaan Jepang yang satu ini yaitu upacara meminum teh bersama yang biasa disebut Sadou (茶道). Upacara minum teh sendiri kini menjadi sebuah kebudayaan yang terus di lestarikan di Jepang.

Upacara minum teh sendiri mencerminkan kepribadian dan pengetahuan yang dimiliki oleh tuan rumah. Dimana akan ada informasi mengenai tujuan hidup, cara berfikir, agama, apresiasi pada peralatan dalam upacara minum the yang digunakan.

Tentunya ada keunikan yang bisa kamu dapatkan dari kebudayaan Jepang yang satu ini karena ada unsur seni yang ada didalamnya.

5. Ikebana

Salah satu kebudayaan negara Jepang yang kini sudah sangat terkenal adalah ikebana (生花).

Kebudayaan yang satu ini adalah kesenian untuk merangkai bunga menggunakan berbagai jenis bunga dan rerumptan yang dirangkai dengan teknik-teknik tertentu, sehingga menghasilkan rangkaian yang cantik.

Bunga sendiri memiliki kehormatan yang ada didalam kebudayaan di negara Jepang karena bunga dianggap sebagai tempat bersemayamnya Tuhan/Dewa.

6. Tako

Tako merupakan sebuah kesenian layang layang yang sudah sejak lama dilakukan oleh masyarakat Jepang. Nah, desain layang-layangnya sendiri sangatlah unik dan cukup mudah dibedakan dengan layang-layang lainnya.

Permainan layang layang berupa tako ini dapat dijumpai pada event khusus atau di dalam festival budaya yang dilaksanakan di Jepang.

7. Kendo

Salah satu bentuk dari kebudayaan berupa bela diri di Jepang sendiri adalah kendo (剣道). Pada dasarnya kendo adalah sebuah olahraga untuk bermain pedang bambu.

Mungkin kendo terlihat mudah, tetapi kendo memerlukan teknik mengayunkan pedang dan teknik melangkah yang benar dan untuk melakukannya perlu disiplin dan ketekunan yang tinggi.

8. Judo

Judo (柔道) merupakan sebuah dari bela diri yang berasal dari negara Jepang yang berfokus pada teknik gulat. Judo sendiri saat ini sudah menjadi olahraga yang populer, tidak hanya di Jepang tetapi juga di dunia.

Saat ini Judo sudah menjadi olahraga resmi di turnamen 4 tahunan olimpiade.

9. Shogi

Pada dasarnya shogi adalah catur versi Jepang. Shogi (将棋) dimainkan oleh dua orang dengan masing-masing pemain memiliki 20 bidak, dan tujuannya adalah untuk mematikan raja lawan (check mate).

Permainan shogi sendiri jauh lebih kompleks dari catur.

Dalam shogi saat sebuah bidak dipromosikan maka cara jalannya juga akan berubah dan perbuahannya berbeda-beda untuk tiap bidaknya. Dalam shogi kita juga bisa mengembalikan bidak yang telah mati/dimakan.

Berbeda dengan catur, kemungkinan seri/remis pada permainan shogi sangatlah kecil mengingat kita bisa mengembalikan bidak yang telah mati kembali ke papan shogi.

10. Origami

Saya yakin, kalian pasti sudah mengenal kebudayaan Jepang yang satu ini.

Origami (折り紙) merupakan seni melipat kertas yang berasal dari Jepang. Origami sendiri saat ini sering dipelajari anak-anak karena dapat membantu mengembangkan kreatifitas dan daya pikir mereka.

11. Kabuki

Kabuki (歌舞伎) adalah kesenian teater drama-tari tradisional Jepang. Penampil kabuki umumnya memiliki dandanan yang mencolok dan pakaian yang mewah, sehingga pandangan para penonton akan terfokus pada karakter yang dimainkan.

Kesenian teater yang memadukan tari dengan musik ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Lisan dan Non-bendawi Manusia.

12. Hanami

Secara bahasa Hanami (花見) memiliki arti melihat bunga.

Seperti namanya hanami adalah tradisi menikmati keindahan mekarnya bunga Sakura di musim semi. Hanami biasanya dilakukan dengan menggelar tikar di bawah pohon Sakura dan memakan bekal sembari menikmati keindahan bunga khas Jepang ini.

Di Jepang sendiri hanami umumnya dilakukan pada akhir Maret sampai awal April (tergantung daerah).

Itu saja yang bisa di uraikan mengenai kebudayaan Jepang yang mungkin bisa dijadikan sebagai pengetahuan menarik untuk kamu.

Dan masih ada banyak lagi berbagai kebudayaan Jepang yang sebenarnya juga tidak kalah menarik.

Gak ada salahnya kok buat nge share artikel ini 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *