Helte Luncurkan Proyek Riset Bersama dengan University of Sussex di Inggris!

Perusahaan dibalik platform komunikasi asal jepang “Sail” yakni Helte meluncurkan proyek riset bersama dengan Unifersity of Sussex di Inggris!

Helte Co., Ltd. telah meluncurkan proyek penelitian bersama dengan tim peneliti dari University of Sussex, Dr. Junko Winch untuk mempelajari bagaimana meningkatkan keterampilan komunikasi bahasa Jepang bagi para pelajar bahasa Jepang yang menggunakan platform sail.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana cara interaksi dengan penutur asli bahasa Jepang pada platform Sail yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Jepang dan mendorong penerimaan mereka terhadap adanya perbedaan budaya, serta mengembangkan metode pembelajaran bahasa Jepang yang efektif melalui industry-academia collaboration.

*Sail berusaha menawarkan peluang bagi para pengguna untuk memperdalam pemahaman mereka tentang budaya lain melalui keterlibatan dalam interactive exchange.

*Karena tujuan proyek ini adalah mengevaluasi bagaimana Sail dapat dimanfaatkan dalam pendidikan bahasa Jepang, orang-orang di seluruh dunia yang belajar bahasa Jepang disebut sebagai “pelajar bahasa Jepang”, sedangkan orang-orang dari Jepang disebut sebagai “penutur asli bahasa Jepang”.

_

Tentang University of Sussex

University of Sussex memiliki mahasiswa yang berasal lebih dari 120 negara di seluruh dunia, terutama negara-negara di Asia dan Eropa, serta Amerika Serikat. University of Sussex menggabungkan perspektif dari berbagai budaya dan latar belakang ke dalam strategi mengajar dan metode penelitian. Sejak didirikan, universitas ini berkomitmen untuk penelitian interdisipliner dan telah memberikan kontribusi yang signifikan sebagai pelopor bidang penelitian baru seperti development studies.

_

Tentang Kursus Bahasa Jepang di University of Sussex

Melalui program IWLP (Institution-wide Language Programme) yang ditawarkan di universitas-universitas Inggris, mahasiswa yang terdaftar di University of Sussex dapat mengikuti kursus yang mereka minati di luar departemen yang terafiliasi, termasuk kursus bahasa Jepang.

Saat ini, mahasiswa di bidang humaniora, ilmu sosial (terutama bisnis dan psikologi), dan sains di University of Sussex mempelajari bahasa Jepang di samping bidang studi mereka masing-masing.

Sekitar 90 mahasiswa telah ikut belajar bahasa Jepang pada tahun 2020-2021, dan alasan mereka mempelajari bahasa Jepang bervariasi, antara lain karena tertarik terhadap Jepang, budaya Jepang, dan bahasa Jepang, seperti anime, film Jepang, musik Jepang, makanan, dan ingin tinggal di Jepang atau pergi ke Jepang suatu saat nanti.

_

Pelajaran Bahasa Jepang di University of Sussex

Rangkuman dari proyek penelitian bersama ini:

  • Subjek penelitian bersama ini adalah mahasiswa yang sedang belajar bahasa Jepang di University of Sussex.

  • Siswa yang berpartisipasi dalam penelitian ini akan menggunakan Sail setidaknya sekali seminggu untuk jangka waktu tiga tahun.

  • Keterampilan berbicara, keterampilan mendengarkan, dan tingkat penerimaan perbedaan budaya siswa yang menggunakan Sail akan dinilai setiap tiga bulan. Penilaian ini akan dilakukan melalui evaluasi diri oleh siswa sendiri dan evaluasi oleh penutur asli bahasa Jepang melalui wawancara dan rubrik yang dikembangkan untuk penelitian ini.

_

Pendapat dari Tim Proyek Penelitian

“Bahasa Jepang adalah bahasa asing terpopuler keempat di universitas Inggris setelah Spanyol, Prancis, dan Jerman, dan banyak siswa belajar bahasa Jepang menggunakan aplikasi bahasa Jepang. Meskipun ada sejumlah studi linguistik yang dilakukan menggunakan berbagai aplikasi, proyek penelitian bersama ini berupaya meneliti pengaruh aplikasi Sail terhadap keterampilan berbicara dan mendengarkan pelajar bahasa Jepang di University of Sussex setelah penggunaan dalam jangka waktu tertentu.”

_

Pendapat dari Mahasiswa yang Berpartisipasi dalam Proyek Penelitian

“Saya sangat antusias menjadi bagian dari proyek ini, terutama ketika kita dapat merasakan kemempuan dan kepercayaan diri kita meningkat setelah setiap sesi.


Saya percaya aplikasi ini sudah dipikirkan dengan sangat baik, dengan fitur untuk memesan slot dengan penduduk asli Jepang yang ramah dan sangat membantu menjadi faktor kunci dalam membantu saya tidak hanya memahami bahasa dengan lebih baik, tetapi juga budaya Jepang secara keseluruhan. Ini dapat diakses, konsisten, dan menyenangkan untuk digunakan!”

_

Menciptakan Dampak Sosial Melalui Sail Via Industry-Academia Collaboration
Manabu Goto, Helte Co., Ltd.

Sejak pandemi COVID-19 melanda, pembatasan telah diberlakukan kepada para pelajar internasional, banyak dari mereka masih tidak dapat memasuki Jepang dan terpaksa harus menghadiri kelas online. Meskipun layanan online yang menghubungkan siswa internasional yang belajar bahasa Jepang dengan orang-orang yang berpengalaman dengan menciptakan saluran pendidikan baru dalam beberapa tahun terakhir, namun sayangnya masih sedikit kesempatan bagi para pelajar bahasa Jepang untuk berinteraksi dengan “senior” di Jepang. Selain itu, pendidikan dan penelitian yang dilakukan menggunakan aplikasi komunikasi Jepang seperti Sail masih sangat minim.

“Senior” yang dimaksud oleh Sail yakni orang dewasa Jepang dewasa yang memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan, dan kami percaya bahwa value dari Sail terletak pada fungsinya sebagai platform pertukaran internasional yang memfasilitasi siklus pembelajaran yang baik. Sail memiliki harapan yang tinggi untuk proyek penelitian bersama ini, yang akan memungkinkan mereka untuk mempelajari dampak interaksi antara individu dari generasi yang berbeda antara penutur asli bahasa Jepang dan pelajar bahasa Jepang.

_

Keterlibatan Helte Sebelumya Terkait Industry-Academia Collaboration

Sebelumnya Helte sudah pernah melakukan penelitian bersama dengan Nara Women’s University dan Institute of Gerontology, University of Tokyo, sejak Mei 2020.

Kerja sama dengan Nara Women’s University:

https://prtimes.jp/main/html/rd/p/000000002.000057665.html

Kerja sama dengan Institute of Gerontology, University of Tokyo:

https://prtimes.jp/main/html/rd/p/000000003.000057665.html

_

Apa Itu Sail

Sail adalah platform komunikasi global asal Jepang yang menghubungkan manula di Jepang dengan penggemar Jepang di seluruh dunia melalui percakapan berbasis video dalam bahasa Jepang dengan menggunakan aplikasi.

Sail menawarkan solusi untuk masalah populasi yang menua di Jepang serta masalah yang terkait dengan memberikan pendidikan kepada orang asing dan mendorong pemahaman budaya dengan menyediakan rangkaian layanan yang komprehensif mulai dari reservasi hingga percakapan, evaluasi, dan analisis.

_

Orang-orang di Seluruh Dunia yang Merupakan Bagian dari Komunitas Sail

Komunitas Sail terdiri dari orang-orang dari berbagai latar belakang dengan tujuan yang berbeda-beda, termasuk mereka yang menyukai budaya dan bahasa Jepang, serta mereka yang sedang belajar bahasa Jepang dan memiliki harapan untuk bisa bekerja di Jepang. Jumlah orang asing yang menggunakan Sail telah tumbuh secara dramatis sejak tahun 2019 dan masih dalam tren naik. Ada sekitar 3,6 juta pelajar bahasa Jepang di seluruh dunia saat ini yang belajar bahasa Jepang di institusi publik dan terus meningkat.

Pelajar belajar bahasa Jepang di seluruh dunia memiliki kesempatan terbatas untuk berlatih percakapan bahasa Jepang, dan setiap kesempatan bagi mereka untuk berbicara dengan penutur asli bahasa Jepang sangatlah bernilai. Sail memiliki pengguna dari 128 negara yang berbeda, dan basis penggunanya masih terus meluas.

_

Orang-orang di Jepang yang Merupakan Bagian dari Komunitas Sail

Pengguna terdaftar Sail di Jepang mencakup banyak individu paruh baya dan manula, termasuk mereka yang ingin berinteraksi dengan orang lain serta mereka yang ingin berbagi lebih banyak tentang budaya Jepang atau pengalaman dan pengetahuan mereka sendiri. Karena pengguna dapat berinteraksi dalam bahasa Jepang di Sail, banyak pengguna terdaftar yang tidak pernah berinteraksi dengan orang-orang dari luar negeri dan menikmati Sail sebagai bentuk baru hiburan sehari-hari. Sail juga telah membantu menghilangkan diskriminasi terhadap pekerja asing.

Selain pengguna individu, semakin banyak perusahaan dan organisasi yang mulai mengadopsi Sail sebagai bagian dari program mereka. Sail telah digunakan oleh perusahaan sebagai bagian dari inisiatif sosial mereka, seperti inisiatif SDGs mereka, dan oleh pemerintah daerah sebagai program baru berbasis ICT untuk masyarakat yang mengalami masalah selama adanya pandemi COVID-19.

__

Referensi:

https://helte.jp/en/17771/

Leave a Reply

Your email address will not be published.